Pentingnya Metode Dalam Keselarasan Organisasi
Organisasi adalah sekelompok manusia
yang mempunyai tujuan individual masing masing yang bekerjasma untuk mencapai
tujuan bersama, serta terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan dengan
memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya.
Organisasi harus memiliki 4 unsur
utama, yaitu :
1.
Goals
Oriented
2.
Psychosocial
System
3.
Structured
Activities
4.
Technological
System
Organisasi memiliki peran yang
penting, sebagai contoh dalam sebuah perusahaan. Karena perusahaan didirikan
untuk mencapai suatu tujuan tertentu sehingga untuk mencapai tujuan tersebut
dibutuhkan kerja sama, sumber daya manusia, serta aktifitas yang unsur ini
terdapat dalam sebuah organisasi.
Agar tujuan individu dan tujuan
organisasi dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan kerjasama
dan usaha yang sungguh sungguh dari kedua pihak, pengurus organisasi maupun anggota
organisasi untuk bersama sama berusaha melaksanakan kewajiban masing masing
dengan penuh tanggung jawab, sehingga saat memperoleh haknya masing masing
dapat memenuhi rasa keadilan bagi anggota organisasi maupun pengurus organisasi
yang berwenang.
Organisasi secara umum diantaranya :
1.
Organisasi
Politik
2.
Organisasi
Dunia / Kenegaraan
3.
Organisasi
Kemasyarakatan
4.
Organisasi
Kemahasiswaan
Metode adalah suatu cara atau tata
kerja dari setiap anggota organisasi, agar dapat pencapaian yang efisien dan
maksimal pada organisasi. Selain dari organisasi, peran metode juga sama
pentingnya di dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya metode dalam sebuah
perusahaan, maka perusahaan tersebut akan lebih mudah dan teratur dalam mencapai
tujuan, visi dan misi yang telah ditetapkan.
Faktor yang mendukung untuk
berjalannya suatu metode yang digunakan dalam sebuah perusahaan atau organisasi
:
1. Teori
organisasi yang dipakai harus sesuai dengan jenis atau bentuk organisasi yang
dibentuk di dalam perusahaan tersebut.
2.
Organisasi
yang baik dan pemimpin organisasi yang baik juga dalam memimpin.
3.
Sumber
daya manusia yang berkualitas untuk melakukan kerja sama agar tercapai suatu
tujuan.
Dengan tercapainya faktor tersebut
perusahaan akan lebih mudah dalam mencapai tujuannya serta lebih terstruktur
dan rapih karena memiliki metode dalam organisasinya.
Komentar
Posting Komentar