Pentingnya Metode Dalam Keselarasan Organisasi


Organisasi adalah sekelompok manusia yang mempunyai tujuan individual masing masing yang bekerjasma untuk mencapai tujuan bersama, serta terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya.


Organisasi harus memiliki 4 unsur utama, yaitu :
1.      Goals Oriented
2.      Psychosocial System
3.      Structured Activities
4.      Technological System

Organisasi memiliki peran yang penting, sebagai contoh dalam sebuah perusahaan. Karena perusahaan didirikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu sehingga untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan kerja sama, sumber daya manusia, serta aktifitas yang unsur ini terdapat dalam sebuah organisasi.

Agar tujuan individu dan tujuan organisasi dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan kerjasama dan usaha yang sungguh sungguh dari kedua pihak, pengurus organisasi maupun anggota organisasi untuk bersama sama berusaha melaksanakan kewajiban masing masing dengan penuh tanggung jawab, sehingga saat memperoleh haknya masing masing dapat memenuhi rasa keadilan bagi anggota organisasi maupun pengurus organisasi yang berwenang.

Organisasi secara umum diantaranya :
1.      Organisasi Politik
2.      Organisasi Dunia / Kenegaraan
3.      Organisasi Kemasyarakatan
4.      Organisasi Kemahasiswaan

Metode adalah suatu cara atau tata kerja dari setiap anggota organisasi, agar dapat pencapaian yang efisien dan maksimal pada organisasi. Selain dari organisasi, peran metode juga sama pentingnya di dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya metode dalam sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut akan lebih mudah dan teratur dalam mencapai tujuan, visi dan misi yang telah ditetapkan.


Faktor yang mendukung untuk berjalannya suatu metode yang digunakan dalam sebuah perusahaan atau organisasi :

1.   Teori organisasi yang dipakai harus sesuai dengan jenis atau bentuk organisasi yang dibentuk di dalam perusahaan tersebut.
2.      Organisasi yang baik dan pemimpin organisasi yang baik juga dalam memimpin.
3.      Sumber daya manusia yang berkualitas untuk melakukan kerja sama agar tercapai suatu tujuan.

            Dengan tercapainya faktor tersebut perusahaan akan lebih mudah dalam mencapai tujuannya serta lebih terstruktur dan rapih karena memiliki metode dalam organisasinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH LANGKAH BONGKAR DAN PASANG CPU

Kelebihan dan Kekurangan model SDLC (System Development Life Cycle)

Organisasi Sosial Panti Asuhan dan Contoh Strukturnya