Prinsip Prinsip Keandalan Sistem

Tulisan

 

-          4 Prinsip Keandalan Sistem

1. Ketersediaan (Availibility)

Sistem tersebut tersedia untuk dioperasikan dan digunakan dengan mencantumkannya pada pertanyaan atau perjanjian tingkatan pelayanan

Meminimalkan waktu kegagalan sistem :

1.      Pemeliharaan untuk pencegahan

1.      Batas toleransi kesalahan

2.      Sistem pasokan tenaga listrik yang stabil

2.      Rencana pemulihan dari bencana

1.      Meneruskan jalannya operasi normal sesegera mungkin

2.      Meminimalkan gangguan, kerusakan, dan kerugian

3.      Prioritas proses pemulihan

4.      Fasilitas cadangan komputer dan telekomunikasi

 

2. Keamanan (Security)

Sistem dilindungi dari akses fisik maupun logis yang tidak memiliki otoritasi

Klasifikasi pengendalian yang membantu untuk memastikan pengamanan sistem :

1.      Pemisahan tugas dalam fungsi pengendalian

2.      Pengendalian akses secara fisik dan logis

3.      Perlindungan atas PC dan jaringan klien / server

4.      Pengendalian atas internet dan e-commerce

 

3. Keterpiliharaan (Maintainability)

Sistem dapat diubah apabila dibutuhkan tanpa mempengaruhi ketersediaan, keamanan, dan integritas sistem

Kategori pengendalian yang membantu keterpeliharaan sistem :

1.      Pengembangan proyek dan pengendalian akuisisi yang meliputi :

1.      Pengendalian proyek

2.      Rencana utama strategis

3.      Jadwal pemrosesan data

4.      Pengukuran kinerja sistem

5.      Peninjauan pasca implementasi 

2.      Peribahan pengendalian manajemen

 

3. Integritas (Integrity)

Pemrosesan sistem bersifat lengkap, akurat, tepat waktu serta diotorisasi

1.      Pengendalian aplikasi mencegah, mendeteksi, dan memperbaiki masalah

2.      Pengendalian umum yang memadai akan memastikan bahwa lingkungan pengendalian berdasarkan komputer dari organisasi stabil dan dikelola dengan baik

 

-          Kriteria yang digunakan untuk Mengevaluasi Prinsip – Prinsip Keandalan

Kriteria untuk mengevaluasi pencapaian prinsip prinsip keandalan :

1.      Entitas memiliki tujuan kinerja, kebijakan serta standar yang sudah diresmikan, didokumentasikan, serta dikomunikasikan, dan yang sudah memenuhi masing masing prinsip keandalan

2.      Entitas memakai prosedur, user, aplikasi, informasi, dan infrastruktur untuk mencapai setiap prinsip sesuai dengan kebijakan dan standar yang ditetapkan

3.      Entitas mengawasi sistem dan mengambil tindakan untuk mencapai kesesuaian dengan tujuan, kebijakan, serta standar untuk setiap prinsip keandalan

 


Tugas  

 

-          Pengendalian Keandalan : Pemrosesan On-Line

Langkah langkah secara umum :

1.      Entri data

2.      Pembaruan file

3.      Persiapan dna pendistribusian output

 

-          Pengendalian Keandalan : Pemrosesan Batch 

Langkah langkah secara umum :

1.      Siapkan batch total, kirimkan transaksi ke departemen EDP, lalu masukan transaksi ke dalam sistem

2.      Urutkan dan edit file transaksi, perbarui file utama

3.      Persiapan dan pendistribusian output, tinjauan pemakai

 


Referensi

 

https://repository.unikom.ac.id/42906/1/8.pdf

https://www.ekowiner.web.id/2015/04/pengendalian-sistem-informasi-berdasarkan-komputer.html

 http://henmedya.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/20362/Tayangan+SIA-M6.pdf


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH LANGKAH BONGKAR DAN PASANG CPU

Kelebihan dan Kekurangan model SDLC (System Development Life Cycle)

Organisasi Sosial Panti Asuhan dan Contoh Strukturnya