Hubungan antara Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja
Hubungan
Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja
Manajemen dan Tata Kerja
Tata Kerja adalah sebuah metode yang
digunakan untuk mengelola semua aspek dalam kegiatan manajemen. Manajemen dan
Tata Kerja ini merupakan factor utama dalam tercapainya target atau tujuan,
seperti manajemen yang terorganisir dan tata kerja yang terencana dengan baik
akan mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang ditetapkan.
Dengan tata kerja yang tepat
mengandung arti bahwa proses proses pencapaian tujuan sudah dilakukan secara
ilmiah dan praktis, pemakaian tata kerja ditujukan untuk :
1.
Menjamin
adanya pembagian kerja, waktu, dan koordinasi yang tepat.
2.
Menghindari
pemborosan sumber daya dan waktu yang tersedia.
3.
Menghindari
kesalahan kesalahan dalam mencapai tujuan.
Kesimpulanya manajemen memerlukan
proses kegiatan dan pendayagunaan sumber daya dan waktu untuk mencapai tujuan,
sedangkan tata kerja yang menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu berjalan.
Manajemen dan Organisasi
Manajemen
adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Atau
bisa dikatakan sebagai hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama
pihak satu dengan pihak yang lain.
Untuk bisa
mencapai tujuan tersebut, perlu dibentuk suatu organisasi yang secara
fungsional dapat diartikan sebagai kelompok manusia dalam suatu kerjasama yang
efisien untuk mencapai tujuan. Maka manajemen sangat membutuhkan adanya
organisasi sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan.
Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja
Eratnya
hubungan timbal balik antara manajemen , organisasi, dan tata kerja :
Manajemen : upaya mencapai tujuan melalui kerja sama dengan
manusia
Organisasi : sebagai wadah pengelompokan kerja sama dan alat
mencapai tujuan tersebut
Tata Kerja : metode kegiatan dan kerja sama yang dilaksanakan
sehingga tercapainya tujuan
Hubungan ini sebagai contoh bagaimana
caranya seorang manajer memanajemen bawahanya melalui beberapa proses
perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya. Lalu
pembagian tugas diberikan ke organisasi, untuk mendapatkan hasil yang baik
dengan cara bekerja sama, dan perencanaan tata kerja harus mencapai tingkat
efisien dan maksimal
Komentar
Posting Komentar