Pengertian SIA, Alasan mempelajari SIA, Peran SIA dalam rantai nilai, Hubungan SIA dengan strategi korporat, Contoh perusahaan pengguna ERP
Tulisan
-
Pengertian SIA
SIA (Sistem
Informasi Akuntansi) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan,
mengolah, menganalisa, dan mengkomunikasikan informasi finansial dan
pengambilan keputusan bagi perusahaan
-
Alasan mempelajari SIA
1. Karena SIA dibutuhkan
dalam pengambilan keputusan
2. SIA dapat
digunakan untuk mengontrol terhadap aset yang dimiliki sebuah perushaan
3. SIA dapat
memenuhi kebutuhan informasi untuk ke pihak external dan internal
4. SIA dapat
menyiapkan data keuangan dan non keuangan sebagai informasi dalam mengambil
keputusan
-
Peran SIA dalam rantai nilai
Ada 5 aktivitas utama yang langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya pada rantai nilai organisasi, yaitu :
1. Inbound
Logistics
Aktivitas penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan masukan yang digunakan organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa.
2. Operasi
Aktivitas yang memproses bahan masukan menjadi produk dan jasa yang sudah jadi
3. Outbound
Logistics
Aktivitas pendistribusian produk yang sudah jadi ke pelanggan
4. Pemasaran
dan Penjualan
Aktivitas memasarkan ke pelanggan untuk membeli produk dan jasa yang sudah jadi
5. Pelayanan
Aktivitas memberikan dukungan pelayanan ke para
pelanggan
-
Hubungan SIA dengan strategi korporat
Ada beberapa strategi korporat yang berhubungan dengan SIA, yaitu:
a. Strategi
biaya rendah (cost leadership)
Strategi yang menekankan pada upaya memproduksi produk standar dengan biaya unit yang sangat rendah. Strategi ini sesuai dengan pelanggan yang termasuk dalam kategori perilaku low-involvement, dimana ketika pelanggan tidak terlalu peduli dengan perbedaan merek, tidak membutuhkan pembedaan produk, atau pelanggan yang memiliki kekuatan tawar menawar yang signifikan
b. Strategi
pembedaan produk (differentiation)
Strategi ini mendorong perusahaan untuk dapat menemukan pembedaan atau keunikan tersendiri dalam pasar yang jadi sasarannya. Strategi ini ditujukan kepada para pelanggan potensial yang realtif tidak mengutamakan harga dalam pengambilan keputusannya.
c. Strategi
fokus (focus)
Strategi ini
digunakan untuk membangun keunggulan bersaing dalam segemn pasar yang lebih
sempit. Strategi ini biasa juga digunakan oleh pemasok untuk memenuhi kebutuhan
suatu produk barang / jasa khusus. Strategi ini ditujukan untuk melayani
kebutuhan pelanggan yang jumlahnya relaitf sedikit dan dalam pengambilan
keputusannya dalam membeli relative tidak dipengaruhi oleh harga
Tugas
-
PT.PLN (Persero)
Penggunaan ERP pada perusahaan PLN
akan daapt mengintegrasikan seluruh kantor PLN baik pusat maupun daerah secara
online, dan seluruh kantor PLN tersebut akan terstandarisasi. Pada penggunaan
ERP juga juga akan dapat meningkatkan kompetensi perusahaan dan pelayanan.
Dengan penerapan ERP di lingkungan perusahaan, maka
setiap pegawai diharuskan untuk beradaptasi dengan perubahan system yang
terjadi. Penerapan ERP pada PLN daerah sudah banyak membawa PLN menjadi lebih
maju. Karena semua sistem sudah terintegrasi secara otomatis dengan PLN pusat, maka
PLN daerah diharapkan akan semakin loyal terhadap para pelanggan.
Referensi
https://fhanincredible.wordpress.com/2010/10/09/tinjauan-menyeluruh-sia/
http://materikuliah.blogspot.com/2007/10/alasan-mempelajari-sia.html
http://grabag-grubug.blogspot.com/2010/10/sistem-informasi-akuntansi-sia-strategi.html
https://kuliahitblog.wordpress.com/2016/02/03/perusahaan-perusahaan-yang-menggunakan-aplikasi-erp/
Komentar
Posting Komentar