Pengertian SIA, Alasan mempelajari SIA, Peran SIA dalam rantai nilai, Hubungan SIA dengan strategi korporat, Contoh perusahaan pengguna ERP

 

Tulisan

 

-          Pengertian SIA

 

SIA (Sistem Informasi Akuntansi) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengolah, menganalisa, dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan bagi perusahaan

 

-          Alasan mempelajari SIA

 

1.      Karena SIA dibutuhkan dalam pengambilan keputusan

2.      SIA dapat digunakan untuk mengontrol terhadap aset yang dimiliki sebuah perushaan

3.      SIA dapat memenuhi kebutuhan informasi untuk ke pihak external dan internal

4.      SIA dapat menyiapkan data keuangan dan non keuangan sebagai informasi dalam mengambil keputusan

 

-          Peran SIA dalam rantai nilai

 

Ada 5 aktivitas utama yang langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya pada rantai nilai organisasi, yaitu :

1.      Inbound Logistics

Aktivitas penerimaan, penyimpanan, dan distribusi bahan masukan yang digunakan organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa.

2.      Operasi

Aktivitas yang memproses bahan masukan menjadi produk dan jasa yang sudah jadi

3.      Outbound Logistics

Aktivitas pendistribusian produk yang sudah jadi ke pelanggan

4.      Pemasaran dan Penjualan

Aktivitas memasarkan ke pelanggan untuk membeli produk dan jasa yang sudah jadi

5.      Pelayanan

Aktivitas memberikan dukungan pelayanan ke para pelanggan

 

-          Hubungan SIA dengan strategi korporat

 

Ada beberapa strategi korporat yang berhubungan dengan SIA, yaitu:

a.      Strategi biaya rendah (cost leadership)

Strategi yang menekankan pada upaya memproduksi produk standar dengan biaya unit yang sangat rendah. Strategi ini sesuai dengan pelanggan yang termasuk dalam kategori perilaku low-involvement, dimana ketika pelanggan tidak terlalu peduli dengan perbedaan merek, tidak membutuhkan pembedaan produk, atau pelanggan yang memiliki kekuatan tawar menawar yang signifikan

b.      Strategi pembedaan produk (differentiation)

Strategi ini mendorong perusahaan untuk dapat menemukan pembedaan atau keunikan tersendiri dalam pasar yang jadi sasarannya. Strategi ini ditujukan kepada para pelanggan potensial yang realtif tidak mengutamakan harga dalam pengambilan keputusannya.

c.       Strategi fokus (focus)

Strategi ini digunakan untuk membangun keunggulan bersaing dalam segemn pasar yang lebih sempit. Strategi ini biasa juga digunakan oleh pemasok untuk memenuhi kebutuhan suatu produk barang / jasa khusus. Strategi ini ditujukan untuk melayani kebutuhan pelanggan yang jumlahnya relaitf sedikit dan dalam pengambilan keputusannya dalam membeli relative tidak dipengaruhi oleh harga

 

Tugas

 

-          PT.PLN (Persero)

Penggunaan ERP pada perusahaan PLN akan daapt mengintegrasikan seluruh kantor PLN baik pusat maupun daerah secara online, dan seluruh kantor PLN tersebut akan terstandarisasi. Pada penggunaan ERP juga juga akan dapat meningkatkan kompetensi perusahaan dan pelayanan.

Dengan penerapan ERP di lingkungan perusahaan, maka setiap pegawai diharuskan untuk beradaptasi dengan perubahan system yang terjadi. Penerapan ERP pada PLN daerah sudah banyak membawa PLN menjadi lebih maju. Karena semua sistem sudah terintegrasi secara otomatis dengan PLN pusat, maka PLN daerah diharapkan akan semakin loyal terhadap para pelanggan.


Referensi

 

https://fhanincredible.wordpress.com/2010/10/09/tinjauan-menyeluruh-sia/

http://materikuliah.blogspot.com/2007/10/alasan-mempelajari-sia.html

http://grabag-grubug.blogspot.com/2010/10/sistem-informasi-akuntansi-sia-strategi.html

https://kuliahitblog.wordpress.com/2016/02/03/perusahaan-perusahaan-yang-menggunakan-aplikasi-erp/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH LANGKAH BONGKAR DAN PASANG CPU

Kelebihan dan Kekurangan model SDLC (System Development Life Cycle)

Organisasi Sosial Panti Asuhan dan Contoh Strukturnya