Sistem Pakar, E-Commerce, dan Perusahaan


Pertemuan       : 1 dan 2
Materi              : Sistem pakar  Pendeteksi Penyakit Tanaman Teh

1. Pendahuluan

Seiring dengan berjalannya waktu menuntut peningkatan di segala bagian termasuk di dalam bidang pertanian, termasuk di Indonesia yang memiliki sector pertanian yang sangat luas, sehingga banyak masyarakat Indonesia yang sumber penghasilannya di bidang Pertanian. Indonesia menjadi salah satu produsen dan konsumen terbesar di Dunia. Budidaya teh tersebar luas di Indonesia. Namun, salah satu kendala dalam budidaya dan produksi teh adalah hama dan penyakit yang menurunkan harga produksi. Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem pakar untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan adanya sistem pakar diharapkan dapat mengetahui gejala yang ada di dalam tanaman teh.

2. Penjelasan Aplikasi

Pada komponen utama aplikasi ini terdapat beberapa menu seperti diagnosis penyakit, daftar penyakit, tentang teh, profil pakar tanaman teh, history, dan keluar dari aplikasi.
Pada menu diagnosis penyakit teh, terdapat pilihan diagnosis, daftar gejala, dan checkbox. Fungsi checkbox ini adalah untuk menginputkan gejala yang terjadi pada tanaman teh dengan memasukan angka di range 1-10 (1.0-4.0 untuk skala rendah, 3.0-7.0 untuk skala
sedang, dan 6.0-10.0 untuk skala tinggi). Pilihan diagnosis akan melakukan diagnosa pada penggunaan checkbox yang kita inputkan tadi.

Tampilan Hasil Diagnosa berfungsi untuk menampilkan hasil diagnosis penyakit dari menu diagnosa yang telah kita inputkan tadi, pada tampilan Hasil Diagnosa ini hanya menampilkan hasil dari menu sebelumnya. Menu Daftar Penyakit menampilkan daftar penyakit pada tanaman teh, menu ini dilengkapi dengan fitur search yang berfungsi untuk mencari nama penyakit pada tanaman teh. Jika kita sudah menentukan apa yang akan kita cari, maka akan keluar detail penyakit dari tanaman teh. Menu Tentang Teh berfungsi sebagai tampilan keterangan atau sejarah teh. Menu History berfungsi sebagai penampil hasil diagnosa yang telah kita lakukan, pada menu ini terdapat 1 pilihan untuk menampilkan hasil diagnosa secara rinci. Halaman Menu Profil merupakan menu untuk memperkenalkan nama penulis dan pakar tanaman teh.

3. Cabang AI yang di gunakan dalam aplikasi ini

Logika fuzzy adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output. Logika fuzzy ditemukan oleh Prof. Lotfi A. Zadeh dari Universitas California di Barkeley. Sebelum ditemukannya logika fuzzy (fuzzy logic), dikenal sebuah logika tegas (crisp logic) yang memiliki nilai benar atau salah secara tegas. Sebaliknya logika fuzzy merupakan sebuah logika yang memiliki kekaburan atau kesamaran antara benar atau salah (Andreas Handojo, 2004).

4. Pengetahuan yang ada di dalam aplikasi

Pengetahuan yang didapat adalah dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi penyakit pada tumbuhan teh berdasarkan gejala yang telah diinputkan oleh pengguna aplikasi, sehingga tidak perlu menanyakan secara langsung kepada pakar teh. Pengguna dapat mengetahui info mengenai tumbuhan teh yang belum pernah di ketahui sebelumnya.

5. Kesimpulan

Kesimpulan dari aplikasi sistem pakar untuk diagnosis penyakit pada tanaman teh dengan metode fuzzy logic berbasis android, antara lain sebagai berikut :
1. Dapat mendiagnosis penyakit pada tanaman teh berdasarkan hasil inputan pengguna dari pengamatan terhadap tanaman teh.
2. Mempermudah dalam mendiagnosis penyakit tanaman teh tanpa bertanya kepada pakar atau seseorang yang ahli di bidang tanaman teh.




Pertemuan       : 3
Materi              : E - Commerce (Aplikasi penjualan sayur : Sayurbox)

Tentang aplikasi

Sayurbox berdiri karena keprihatinan atas besarnya disparitas harga sayur dan buah di tingkat petani sebagai produsen dengan konsumen. Banyaknya mata rantai distribusi yang harus  dilalui dari produsen ke konsumen telah menjadi masalah dalam perniagaan produk pertanian. Tingginya harga sayur dan buah di tingkat konsumen kadang tak tak bisa dirasakan petani sebagai produsen. Sebab, pengepul biasanya mendapat jatah margin yang lebih besar.

Amanda menjelaskan, Sayurbox berdiri karena keprihatinannya melihat tingginya disparitas harga antara petani sebagai penghasil sayur dan buah dengan konsumen. Dia pun bercerita, tiga tahun lalu, dia berkebun di daerah Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat. Lalu, dia pun bertemu dengan petani singkong yang menjual produknya seharga Rp 600 per kilogram kepada pengepul. Padahal, harga jual singkong di Jakarta bisa mencapai Rp 6 ribu per kilogram. Tak hanya mengambil untung, Co-Founder Sayurbox Metha Trisnawati mengungkapkan, pengepul kerap menghambat informasi dan data bagi para petani untuk berkembang. Akibatnya, informasi kebutuhan masyarakat urban tidak tersampaikan jelas kepada para petani.

Amanda mengaku tujuan utama startup ini adalah membentuk ekosistem antara petani dan konsumen secara langsung. Sejauh ini, kapasitas volume transaksi harian Sayurbox bisa mencapai sekitar 10 ton per hari dengan jangkauan operasional di kota-kota besar di Pulau Jawa, yaitu Bandung, Surabaya, dan Jakarta. Dia berharap ada peningkatan penggunaan sampai ke seluruh Indonesia.

Dalam proses penjualan, Sayurbox bakal menyiapkan sistem logistik dari petani kepada konsumen. Namun, perhitungan ongkosnya masih akan didiskusikan sehingga keuntungan  yang seharusnya diterima petani tidak lari kepada pengepul. Metha juga berencana untuk membentuk hub sehingga penjualan tidak hanya terpusat pada kota besar. Menurut Metha, tantangan terbesar untuk mengembangkan layanan ini adalah meyakinkan petani untuk ikut dalam ekosistem Sayurbox. Selain sistem pengepul sudah mengakar sejak lama, kendala lainnya juga karena kesulitan petani dalam menggunakan teknologi dalam transaksi jual-beli. Apalagi, tidak semua petani memiliki smartphone.

Oleh karena itu, Sayurbox pun mengambil jalur insentif alternatif, seperti dengan mengedukasi konsumen untuk membeli langsung produk dari petani. "Kami cari cara untuk ciptakan konsumen, sehingga petani akan tertarik karena ada kepastian penjualan dan kerja sama," ujar Metha. Awal Januari 2018, Sayurbox mendapatkan pendanaan awal dari Patamar Capital, investor yang berfokus pada startup sosial milik perempuan. Sayurbox merupakan portofolio pendanaan pertama Patamar dengan nilai investasi sekitar sekitar US$ 300 ribu, atau Rp 4,2 miliar (asumsi kurs Rp 14 ribu/US$).

Selain itu, ada juga tambahan investasi dari Insignia Ventures milik Yinglan Tan, pengusaha Singapura, yang pernah menjadi rekan bisnis Sequia. Namun, tak ada informasi tentang nilai pendanaan dari Insignia. Setelah setahun berdiri, Sayurbox berhasil menjadi wakil Indonesia dalam kompetisi startup Seedstars World, menjadi yang terbaik dari 8 perusahaan pilihan setelah kurasi ratusan aplikasi. Sayurbox pun turut berpartisipasi dalam Konferensi Regional Seedstars Asia di Bangkok pada November 2017 serta Seedstars Global Summit di Swiss pada April 2018.






Pertemuan       : 4
Materi              : Perusahaan

Profil Perusahaan
Nama Perusahaan        : PT YAKULT INDONESIA PERSADA

Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan
1.      Moto Produk               : Cintai Ususmu, Minum Yakult Tiap Hari
2.      Visi Perusahaan           : Mengeksplorasi kemungkinan pemanfaatan bakteri berguna untuk meningkatkan kesehatan manusia
3.      Misi Perusahaan          : Sebagai Pelopor Prebiotik minuman Yakult yang sehat yang membantu dalam menjaga usus
4.      Tujuan Perusahaan      :
·     Meraih profit dan benefit perusahaan dengan menjadi pelopor Probiotik minuman sehat untuk keluarga dengan mengoptimumkan untuk pemeliharaan usus, melalui tenaga kerja dan karyawan yang memiliki komitmen terhadapperusahaan dan lingkungan.
·   Memberikan komitmen kepada konsumen untuk tetap mempertahankan misi tersebut dengan mengintegrasikan semua aspek perusahaan.
5.      Sasaran                        : Semua lapisan masyarakat

Sejarah
Pada tahun 1930, Dr Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakeri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang paling tahan terhadap cairan pencernaan seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga bisa sampai ke usus halus dalam keadaan hidup. Dia kemudian menjadi orang pertama yang berhasil memperkuat dan budaya strain lactobacillus, yang sekarang dikenal sebagai Lactobasilus Casei Shirota StraiLactobasilus sendiri berarti batang, sedangkan Casei berati keju dan Shirota Strain adalah penemunya. Dr Shirota, bersama dengan relawan kemudian mengembangkan sebuah produk minuman yang diberi nama Yakult.  

Pusat penelitian Yakult didirikan ada tahun 1967. Terdapat 300 tenaga ahli yang melakukan penelitian tentang manfaat bakteri yang menguntungkan bagi manusia. Pusat penelitian ini bernama Yakult Central Institute for Microbiological Researh yang berlokasi di Jepang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH LANGKAH BONGKAR DAN PASANG CPU

Kelebihan dan Kekurangan model SDLC (System Development Life Cycle)

Organisasi Sosial Panti Asuhan dan Contoh Strukturnya